4 Tahun di Liverpool, Klopp Sudah Penuhi Janjinya

4 Tahun di Liverpool, Klopp Sudah Penuhi Janjinya

Liverpool – Janji ialah utang. Juergen Klopp juga melunasi janjinya bawa Liverpool mendapatkan trofi di periode empat tahun pertamanya jadi manager.

Liverpool empat tahun kemarin dalam keadaan tersuruk. Masuk tahun ke empat kepelatihan Brendan Rodgers, Liverpool tidak lebih baik keadaannya serta mereka justru ketahan di papan tengah klassemen.

Sejam sesudah hasil seimbang 1-1 kontra Everton di Derby Merseyside 4 Oktober, Rodgers kehilangan kerjaannya. Deretan nama langsung ada jadi calon alternatif Rodgers.

Selain itu, di Jerman sana, pria tinggi berkacamata itu tengah asik nikmati waktu santainya di dalam rumah, sebelum dering telephone mengganggunya. Di seberang sana, suara Managing Director Liverpool, Ian Ayre, terdengar lirih meminta pria itu untuk hadir ke Inggris gantikan Rodgers.

Pria itu Juergen Klopp namanya. Telephone itu saat itu juga merubah gagasan istirahat melatih semusimnya sesudah jalani delapan tahun yang intensif bersama dengan Borussia Dortmund. Pada musim paling akhir bersama Dortmund, keadaan Klopp tidak beda jauh dengan Rodgers.

Klopp lalu terima penawaran Ayre itu serta saat itu juga tersebarlah berita jika Liverpool telah mendapatkan alternatif Rodgers. Klopp langsung terbang dari Jerman ke arah Liverpool untuk mengatur kepindahannya.

Kontrak tiga tahun sah ditandatangani pada 8 Oktober 2015 serta Klopp jalani session temu wartawan pertama jadi manager Liverpool. Deretan pertanyaan ada dari jurnalis waktu itu tetapi ada satu yang paling diingat oleh publik.

Saat itu Klopp diberi pertanyaan masalah perasaannya waktu dipilih jadi manager Liverpool. Dengan style uniknya yang ceplas-ceplos, Klopp menyebutkan yang penting ialah perasaannya waktu tinggalkan club.

Baginya itu menjadi hari istimewa sebab fans dapat memandang apa kapasitasnya jadi manager Liverpool memberi kepuasan ataukah tidak.

“Kami jalani persaingan yang benar-benar susah serta kami dapat sukses dengan Liverpool. Saya janjikan gelar juara bila kita berada di sini empat tahun akan datang. Bila tidak, mungkin di Swiss!,” tutur Klopp.

Baca Juga : Barca Masih Utang 94 Juta Euro kepada Liverpool untuk Transfer Coutinho

Janji yang termasuk begitu muluk waktu itu mengingat kualitas scuad Liverpool tidak semewah beberapa kompetitornya. Okelah Liverpool dibawa Klopp meluncur ke dua final, Piala Liga Inggris serta Liga Champions, tetapi semua berbuntut kekalahan.

Tetapi, buat Klopp itu ialah proses serta tidak proses yang instan tetapi harus dicapai melalui usaha keras, jatuh-bangun, dan lain-lain. Empat tahun berlalu, Klopp bisa mulai nikmati kerja hasil kerasnya.

Sesudah bawa Liverpool maju ke Liga Champions tiga musim paling akhir, dua salah satunya berbuntut final, Klopp meningkatkan koleksi di lemarl trofi club yaitu Liga Champions serta Piala Super Eropa.

Kemenangan atas Tottenham Hotspur 2-0 di Madrid Juli lalu jadi penawar cedera kekalahan dari Real Madrid di arena yang sama satu tahun awalnya. Ditambah menaklukkan Chelsea di Piala Super Eropa, Klopp sedang mengawali masa keberhasilannya di Liverpool.

Paling riil kelihatan ialah di Premier League. Musim kemarin Liverpool memang finish ke-2 dibawah Manchester City, tetapi mereka mencatat rekor 97 point serta hanya sekali kalah. Sesaat musim ini, Liverpool sedang meluncur di pucuk klassemen dengan keunggulan delapan point atas City.

Memang liga baru delapan minggu serta Klopp juga akui apa pun dapat berlangsung di 30 pertandingan sisa. Tetapi, apa yang Liverpool perlihatkan sekarang ialah buah usaha keras Klopp membuat team yang diharapkan.

Jika Anda fans Liverpool, pasti tahu seperti apa formasi team yang di turunkan Klopp waktu lakoni kiprah bersama dengan Liverpool di kandang Tottenham Hotspur 17 Oktober 2015. Sekarang lihat saja seperti apa team Liverpool sekarang.

Statistik yang lain ialah Liverpool menanggung derita empat kekalahan dari sembilan partai liga pertama Klopp, sama juga dengan yang terkena Liverpool di 60 laga terakhir kalinya di persaingan itu.

Diluar itu, Klopp dengan 320 point, jadi manager Premier League dengan perolehan point paling banyak semenjak kiprahnya. Keseluruhan ada 130 kemenangan didapatkan dari 222 pertandingan di semua persaingan dengan rasio 58,4 %. Line-up Liverpool waktu menaklukkan Leicester City 2-1 akhir minggu tempo hari.

Roma tidak dapat dibuat dalam satu hari, serta demikian pula dengan team Liverpool sekarang. Bila di Dortmund, Klopp perlu tiga tahun untuk memberi gelar juara liga. Apa musim memang waktunya Liverpool menjadi juara? Kita nantikan saja.