Stephanie Frappart dan Deretan Wasit Perempuan di Sepakbola Pria

Stephanie Frappart dan Deretan Wasit Perempuan di Sepakbola Pria

Jakarta – Piala Super Eropa 2019 di antara Liverpool versus Chelsea akan di pimpin wasit wanita. Tersebut jejeran kaum wanita yang pimpin laga level top sepakbola pria.

Stephanie Frappart akan pimpin duel Liverpool versus Chesea di Piala Super Eropa 2019, Kamis (15/8/2019). Ini jadi peristiwa bersejarah karena untuk kali pertamanya golongan wanita jadi wasit persaingan pria di level Eropa.

Wasit asal Perancis berumur 35 tahunn itu akan dibarengi oleh Manuela Nicolosi, dari Perancis, serta Michelle O’Neal asal Republik Irlandia.

Frappart bukan wasit wanita pertama yang pimpin pertandingan sepakbola pria. Di masa yang junjung tinggi kesetaraan gender ini, kaum wanita telah dipilih jadi wasit laga penting sepakbola kaum pria pada beberapa peluang.

Tersebut daftar wasit-wasit wanita yang sudah pernah jadi pengadil di lapangan laga berprestise sepakbola pria.

1. Sian Massey-Elis

Massey-Elis jadi asisten wasit di laga Premier League semenjak tahun 2010. Pertandingan pertamanya jadi pengadil lapangan berlangsung saat Blackpool menang 2-0 atas Sunderland di Liga Inggris 2010. Seterusnya dia sering ada di lapangan laga persaingan top Inggris.

Baca Juga : Maaf Roma dan Monaco, Icardi Cuma Mau Gabung Juventus

2. Bibiana Steinhuis

Wasit asal Jerman ini jadi pengadil di lapangan di persaingan penting Bundesliga. Steinhus jalani kiprah pimpin laga Bundesliga semenjak 2017. Saat itu dia pimpin partai Herta Berlin versus Werder Bremen.

3. Dorsaf Ganouati

Dorsaf Ganouati jadi wanita pertama sebagai wasit di liga paling tinggi sepakbola pria Tunisia. Wasit berumur 33 tahun itu jadi pemimpin laga di antara L’Espérance sportive de Tunis versus Klub athlétique bizertin pada Juni 2019.

4. Yoshimi Yamashita

Wasit asal Jepang, Yoshimi Yamashita, jadi wasit pertandingan sepakbola pria level Asia pada Mei 2019. Saat itu dia jadi wasit Piala AFC di antara club Myanmar Yangon United menantang Naga World dari Kamboja. Di laga itu Yamashita dibarengi oleh dua asisten wasit wanita asal Negeri Sakura, Makoto Bozono serta Naomi Teshigori.