Terancam Kehilangan Firmino-Salah, Pelatih Juergen Klopp Pening

Terancam Kehilangan Firmino-Salah, Pelatih Juergen Klopp Pening

LIVERPOOL – Liverpool memerlukan lebih dari kemenangan waktu melayani Barcelona pada semi final putaran kedua Liga Champions di Stadion Anfield, pagi hari kelak. Mereka bukan sekedar perlu tiga gol, dan juga harus memutar otak supaya Barca tidak membuat gol. Ketentuan yang tidak gampang. Ditambah lagi, kemampuan The Reds terlucuti waktu melayani Blaugrana.

Team berjuluk The Reds itu terancam kehilangan dua dari trio Firmansah (Roberto Firmino, Sadio Mane, serta Mohamed Salah). Mereka ialah Firmino serta Salah atau sebutlah saja Firsa. Salah alami cedera kepala sesudah berbenturan dengan kiper Martin Dubravka di pertengahan set ke-2 waktu Liverpool menang 3-2 atas Newcastle United pada pertandingan Liga Primer, Minggu (5/5).

Bomber asal Mesir itu ditandu keluar lapangan serta harus jalani rangkaian kontrol berkaitan cederanya. Situasi Salah yang menyangsikan membuat Pelatih Liverpool Juergen Klopp pening. Bekas pemain AS Roma serta Chelsea itu tetap masuk starter di Liga Champions musim ini. Keseluruhan ia telah main 11 kali dengan empat gol serta tiga assist disumbangkan Salah, termasuk juga di Liga Primer.

Dari 37 laga yang telah berjalan, striker berumur 26 tahun itu 26 kali jadi starter serta cuma sekali dari mulai bangku cadangan dengan 22 gol dibuat. Intimidasi absennya Firmino yang belum fit dari cedera pangkal paha dapat jadi permasalahan besar. Dalam dua pertandingan paling akhir, Firmino main jadi pemain cadangan waktu melawan Barca di putaran pertama, Kamis (2/5), serta mangkir kontra Newcastle.

Kehilangan Firmino serta Salah jelas pukulan tepat buat Liverpool. Striker asal Brasil itu adalah pilar penting yang ikut serta dalam 12 gol dari 11 pertandingan kandang The Reds di Liga Champions. Ia memberikan tujuh gol serta lima assist. Absennya Firmino serta Salah automatis membuat pekerjaan Mane makin berat.

Lebih dalam dua pertandingan paling akhir semua pertandingan, Mane tidak menyobek jala lawan. Hal tersebut jelas membuat misi memburu defisit tiga gol dari Barca di putaran pertama untuk mengawasi peluang meluncur ke final Liga Champions makin susah. Tidak hanya Liga Champions, peluang Liverpool memenangkan Liga Primer harus dipastikan sampai pertandingan terakhir sambil mengharap Manchester City (Man City) terpeleset. Skenario terburuk yang mungkin berlangsung membuat Klopp mulai sesuai kenyataan.

Baca Juga : Dikalahkan Bournemouth, Tak Akan Pengaruhi Tottenham di Liga Champions

Ia memandang perform Liverpool selama musim ini telah optimal hingga masih membuat bangga walau terancam nihil titel. Itu perpanjang trend negatif musim kemarin. Liverpool cuma jadi runner-up Liga Champions serta menempati posisi ke empat Liga Primer. Menurut Klopp, The Reds telah coba apa yang dapat dikerjakan serta ia tidak dapat menuntut teamnya lakukan lebih baik dari yang telah dikerjakan.

“Target kami ialah memenangi pertandingan sekerap mungkin. Beberapa pemain sudah lakukan melewati apa yang saya pikirkan awalnya. Saya bangga dengan team ini,” kata Klopp, dikutip Mirror. Liverpool harus tampil all-out menantang Barca di depan fans setianya. Divock Origi serta Daniel Sturridge jadi Mane di posisi depan jika Salah betul-betul mangkir sambil mengharap The Reds meneruskan catatan bagus di semi final pertandingan Eropa.

Dalam 10 pertandingan kandang paling akhir di step ini, Jordan Henderson dkk mencapai delapan kemenangan, memetik dua hasil seimbang, serta cuma kebobolan empat gol. Di lain pihak, virus cedera menyerang posisi depan Barca. Ousmane Dembele tidak turut dalam tim Blaugrana ke Inggris sebab alami permasalahan bisep femoris di kaki kanan. Ia cuma tampil lima menit waktu Barca kalah 0-2 dari Celta de Vigo, Minggu (5/5).

“Dembele alami permasalahan otot serta kami menanti kontrol selanjutnya. Ia ialah pemain penting Barca. Ini membuat kami terpukul sebab masih ada pertandingan besar di Liga Champions,” papar Pelatih Ernesto Valverde. Itu adalah ketiga kalinya Dembele cedera musim ini. Pada dua cedera awalnya, pemain dari Prancis itu juga alami permasalahan bisep femoris di kaki kiri. Walau demikian, ketidakhadiran Dembele tidaklah terlalu mencemaskan Barca.

Tanpa ada Dembele di semi final putaran pertama, club Katalan yang dimotori Lionel Messi, Luis Suarez, serta Philippe Coutinho demikian impresif waktu mencukur Liverpool 3-0. Barca dipercaya akan ngotot di putaran kedua untuk pastikan ticket final Liga Champions. Peringatan kelihatan dari ketetapan Valverde menaruh sejumlah besar punggawa pokok waktu ditaklukkan Celta.

Valverde menjelaskan semuanya dikerjakan hanya supaya Barca fresh melawan Liverpool. “Ada banyak hal positif yang kami temukan, diantaranya ialah team penting kami siap tempur menantang Liverpool. Tetapi, itu beresiko dimana kami dibawah desakan Celta di set ke-2. Demikian cetak gol, mereka mengatur kami dengan defensif serta kami tidak dapat banyak berbuat,” pungkasnya.