Ramadhan ala Pemain Muslim Finalis Liga Champions

Ramadhan ala Pemain Muslim Finalis Liga Champions

LONDON – Liverpool dalam persiapan melawan Tottenham Hotspur di final Liga Champions 2018/2019. Beberapa pemain akan jalani pertandingan penting itu ditengah-tengah beribadah bulan Ramadhan.

Laga final berjalan di kota Madrid, 2 Juni 2019 akan datang, atau seputar tiga hari sebelum hari raya Idul Fitri. Di tim Liverpool, ada empat pemain muslim yang tertera jadi pemain kunci.

Ke empat pemain Liverpool itu ialah Mohamed Salah, Sadio Mane, Xherdan Shaqiri, serta Naby Keita. Sedang di tim Tottenham, dua pemain muslim yang akan tampil di final ialah Moussa Sissoko serta Serge Aurier.

15 Jam Berpuasa

Waktu berpuasa di sejumlah belahan bumi berlainan. Menurut Express, di Inggris, waktu berpuasa berjalan seputar 15 jam. “Pemain muslim baru buka puasa seputar jam 20.52” catat Express dalam laporannya.

Meskipun begitu, pemain Liverpool seperti Mohamed Salah serta Sadio Mane diakui jadi penganut ajaran Islam yang patuh. Tidak hanya tetap bersujud sesudah cetak gol, kedua-duanya disebutkan tidak tinggalkan beribadah puasa yang relatif ‘lebih berat’ digerakkan daripada di Indonesia.

Baca Juga : Man United Bakal Tahan Marcus Rashford dengan Gaji Tinggi?

Pada musim kemarin, ada pertanyaan sekitar persiapan Mo Salah main menentang Real Madrid di final Liga Champions mengingat dia sedang jalankan ibada puasa. Tetapi, tidak ada laporan detil yang menyebutkan Salah masih berlatih dengan situasi berpuasa, atau ia membayarnya sesudah Idul Fitri.

Walau tidak ada laporan detil masalah beribadah puasa Salah, pelatih Tim nasional Mesir (tempat Salah bernaung) mengungkapkan jika faksinya kirim seseorang spesialis untuk menolong Salah melawan session latihan sekalian berpuasa.

“Asosiasi Sepak Bola Mesir sudah menyewa spesialis untuk menolong Salah serta beberapa pemain (Muslim di Inggris, red) sepanjang bulan puasa Ramadan.” kata Hector Cuper. Sang pelatih terakhir ditukar tempatnya oleh Javier Aguirre.

Berlainan dengan Salah, berdasar laporan Mirror, Sadio Mane semakin banyak habiskan waktu di masjid bila tidak ada session latihan Liverpool. Dalam satu video yang tersebar beberapa waktu lalu -sebelum Ramadan- Mane bahkan juga kelihatan menolong bersihkan lantai masjid.

Pemain Tottenham, Moussa Sissoko dikenal juga jadi muslim yang patuh. Menetap di kota London, Sissoko disebutkan tidak tinggalkan beribadah puasa walau teamnya dalam persiapan menyongsong final Liga Champions.