Ketika Inggris Jadi Negara Pertama Kuasai Liga Eropa

Ketika Inggris Jadi Negara Pertama Kuasai Liga Eropa

LONDON – Football Coming Home! Final Liga Champions serta Liga Europa musim 2018/2019 kesempatan ini bercita rasa Liga Primer Inggris! Empat team raksasa Inggris, berseteru di final liga antarklub sepak bola Eropa. Ini riwayat! Inggris jadi negara pertama dalam riwayat yang melepaskan empat club di final liga antarklub sepak bola Eropa pada sebuah musim.

Bagaimana tidak. Di final Liga Champions, Liverpool akan berjumpa Tottenham Hotspur. Kedua-duanya team papan atas Liga Primer Inggris musim ini. Di final Liga Europa, dua raksasa London, Chelsea bertemu Arsenal, berseteru di final. London jadi kota pertama yang melepaskan wakilnya di final antarklub Eropa.

Siapa juga pemenangnya, masih club dari Inggris. Produk Liga Primer Inggris. Yup, senang ataukah tidak senang, itu kenyataannya. Itu hasilnya. Satu kali lagi, ini riwayat besar. Riwayat kali pertamanya empat club sepak bola di satu Negara, dalam soal ini Inggris, yang berseteru di final Liga Champions serta Liga Europa.

Awalnya, dari data yang ada, paling banter cuma tiga team pada sebuah Negara yang maju ke final antarklub sepak bola Eropa. Baik saat bernama Piala Champions atau Piala UEFA hinggasaat ini namanya menjadi Liga Champions serta Liga Europa.

Dari data di UEFA.com, narasi pertemuan tiga atau empat team senegara di final Liga Champions serta Liga Europa dimulai pada 1980. Waktu itu, Jerman mengirim tiga wakilnya di final Piala Champions serta Piala UEFA. Hamburg maju ke final Piala Champions menantang wakil Inggris, Nottingham Forest. Di final Piala UEFA, Frankfurt berjumpa Borussia Moenchengladbach.

Sepuluh tahun lalu, giliran club dari Serie A pamer kemampuan unjuk kemampuan di pertandingan antarklub Eropa. Juventus berseteru Fiorentina di final Piala UEFA musim 1989/1990. AC Milan tampil di final Piala Champions menantang Benfica dari Portugal.

Baca Juga : Luis Suarez: Barcelona Bertahan Seperti Anak Kecil Main Bola

Lima musim lalu, club Serie A kembali lagi mengirim tiga wakilnya di final antarklub Eropa yaitu AC Milan di Liga Champions musim 1994/1995. AC Milan menantang Ajax Amsterdam, Belanda. Di final Piala UEFA, Parma menantang Juventus.

Serie A kembali jadi fokus perhatian publik sepak bola dunia saat pada musim 1997/1998, tiga club andalannya melaju ke final Liga Champions serta Piala UEFA. Juventus bertanding di final Liga Champions menantang Real Madrid. Inter Milan bertemu Lazio di Piala UEFA.

Masuk masa 2000an, supremasi penguasa Eropa mulai berubah ke Spanyol. Pada musim 2013/2014 serta 2015/2016, Ya, club dari La Liga itu sukses menguasai Liga Champions serta Liga Europa. Ke-3 club itu yaitu Real Madrid, Atletico Madrid, serta Sevilla.

Real Madrid berseteru dengan Atletico di final Liga Champions 2013/2014 serta 2015/2016. Sevilla menantang Benfica di final Liga Europa 2013/2014 serta pada 2015/2016.menantang Liverpool.

Nah, pada musim 2018/2019, peta kemampuan club Eropa berubah ke Inggris. Yup, club Inggris jadi penguasa Eropa. Empat team Inggris untuk pertama kali dalam riwayat pertandingan antarklub sepak bola Eropa berseteru di final.

Jika mencari lebih ke belakang, persisnya pada masa 1970an, sempat berlangsung berseteru sesame club Inggris di final Piala UEFA. Waktu itu, Tottenham Hotspur menantang Wolverhampton Wanderers. Tottenham juara dengan agregat 3-2.

Nah, untuk duel sama-sama team Inggris di final Liga Champions berlangsung waktu Manchester United menantang Chelsea pada musim 2007/2008. United menang beradu penalti 6-5 sesudah dalam tempo normal 1-1. So, Football Coming Home.