FIFA Batalkan Rencana Menambah Jumlah Kontestan Piala Dunia

FIFA Batalkan Rencana Menambah Jumlah Kontestan Piala Dunia

ZURICH – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memperjelas jika jumlahnya peserta Piala Dunia 2022 di Qatar tidak bertambah. Awalnya, ada wawasan meningkatkan jumlahnya peserta dari 32 negara jadi 48 negara peserta.

Wawasan itu pertama-tama muncul serta dipublikasikan Presiden FIFA, Gianni Infantino dalam satu komunitas beberapa waktu kemarin. Waktu itu, FIFA memandang Piala Dunia akan berlansung semakin meriah dengan menambahnya jumlahnya peserta.

“Sesudah lakukan proses konsultasi lengkap dengan menyertakan semua pemangku kebutuhan, diambil kesimpulan jika lihat keadaan sekarang ini, menambahkan peserta belum dapat dikerjakan,” demikian pengakuan FIFA.

Baca Juga : Jadikan Negara Konflik sebagai Lokasi Final, UEFA Tuai Kecaman

Infantino mulai menyerah dari inspirasi itu pada bulan Maret kemarin. Dalam satu pertemuan dewan FIFA di Miam, ia berujar “Bila itu terwujud, fenomenal. Tetapi bila tidak berlangsung, fenomenal.”

Walau demikian, gagasan meningkatkan negara peserta Piala Dunia selanjutnya, 2026, peluang masih dapat terwujud. Piala Dunia 2026 akan diadakan di tiga negara, yakni AS, Kanada serta Meksiko.

Dengan persiapan serta rencana yang masak, tiga negara tuan-rumah itu diakui dapat mengadakan laga dalam jumlahnya yang semakin banyak.