Neuer Akhirnya Buka Suara Terhadap Kasus Rasis Oezil di Jerman

Neuer Akhirnya Buka Suara Terhadap Kasus Rasis Oezil di Jerman

Agen bola online _ MUNICH – Manuel Neuer akhirnya buka suara tentang keputusan Mesut Oezil pensiun dari timnas Jerman. Dia menegaskan bahwa gelandang serang Arsenal itu tidak menerima perlakuan rasis di timnas Jerman.

Oezil memutuskan untuk pensiun dari timnas Jerman karena diduga menerima perlakuaan rasis dari DFB (badan sepak bola Jerman). keputusan itu diambil setelah timnas tersingkir di putran grup Piala Dunia 2018. Pasalnya sebelum Piala Dunia bergulir Oezil kerap menerima rentetan kritik saat melakukan pertemuan dan berfoto bersama dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Baca juga : Karius ‘Jadi Bahan’ Penggawa Madrid Cibir De Gea
Oezil yang merupakan pria berdarah Turki menumpahkan rasa kesalnya terhadap presiden DFB, Reinhard Grindel. “Baginya, ketika Kami menang, saya merupakan seorang Jerman. Tapi ketika kami kalah, saya merupakan seorang imigran,” kata Oezil.

Melihat kondisi carut marut sepak bola Jerman, Neuer pun mencoba untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya terjadi terhadap timnas Jerman dan Oezil itu sendiri.

Neuer berbicara kepada pers di kamp pelatihan pra-musim terakhir Bayern di Tegernsee di Bavaria. Neuer mengakui bahwa “topik ini secara alamiah adalah salah satu yang sangat sulit setelah Jerman gagal total di Piala Dunia 2018

Neuer mengakui bahwa dia dan rekan-rekannya menghormati keputusan Oezil untuk mengundurkan diri dari tim. “Ini keputusan setiap pemain individu. dan Anda pasti memeliki alasan tersendiri dan Oezil memiliki alasan mengapa dia mundur. Kami menerima keputusan ini, tentu saja,” kata Neuer  dikutip dari The Bavarian, Jumat (3/8/2018)

Neuer juga menegaskan bahwa Oezil tidak pernah mengalami rasisme dalam tim. Dia menyebutkan bhawa seluru penggawa Jerman atapun DFB mencoba melakukan hal yang baik kepada setiap anggota tim. “Kami selalu mencoba untuk mengintegrasikan setiap pemain dan selalu melakukan hal yang baik untuk rekan tim kami, sehingga semua orang masuk ke permainan dengan perasaan yang baik,” tambah pemain 32 tahun itu.

Neuer kemudian beralih ke masa depan tim DFB saat Jerman mempersiapkan tim dengan awal yang baru. Neuer menyarankan bahwa DFB harus membangun kembali tim dengan patriotisme pemain yang tinggi.

“Ini adalah tugas mereka yang bertanggung jawab di DFB untuk menyusun tim dan memberikan wajah baru. DFB harus memiliki pemain di sana yang benar-benar bangga bermain untuk tim nasional dan akan memberikan segalanya untuk bermain bagi negara mereka, sehingga kami kembali ke jalan menuju kesuksesan,” terang Neuer.

“Bagaimanapun, saya pikir hal-hal  yang lama akan berubah di tim nasional dan juga di DFB. Pertama-tama kita harus menunggu dan melihat seperti apa awal baru ini. Faktanya adalah beberapa hal harus diubah. Kami memiliki tujuan besar juga di tim nasional dan tentu ingin mengedepankan wajah baru,” pungkasnya.