Soal Transfer Besar, Klopp: Terserah Jika Saya Disebut Munafik

Soal Transfer Besar, Klopp: Terserah Jika Saya Disebut Munafik

Agen bola online _ LIVERPOOL – Pelatih Liverpool, Juergen Klopp mengakui bahwa dia telah mengubah pikirannya terhadap komentar biaya transfer para pesaingnya. Klopp pernah berujar bahwa klub yang rela mengeluarkan banyak dana untuk membeli satu pemain sangatlah tidak masuk akal.

Klopp  juga mengatakan dia tidak peduli jika orang berpikir dia munafik untuk komentar-komentar itu setelah membayar biaya rekor untuk dua pemain sejak awal 2018. Penjaga gawang Alisson bergabung dengan Liverpool awal pekan ini dalam sebuah kesepakatan senilai hingga 65 Juta Pounds atau sekitar Rp 1,2 triliun.
Baca juga : Clement Lenglet Senang Tak Jadi Musuh Messi
Harga tersebut membuatnya menjadi rekrutan big-money terbaru untuk pindah ke Anfield dalam 12 bulan terakhir, mengikuti Virgil van Dijk (75 Juta Pounds atau Rp 1,3 triliun), Naby Keita (53 Juta Pounds atau Rp 988 miliar ), Fabinho (44 Juta Pounds atau Rp 836 miliar) dan Alex Oxlade-Chamberlain (40 Juta Pounds atau Rp 760 miliar).

Sebelumnya Klopp pernah berbicara menentang biaya transfer yang tinggi pada Juli 2016 setelah Manchester United menggelontorkan dana 89,3 juta Pounds atau sekitar Rp 1,6 triliun untuk menandatangani Paul Pogba dari Juventus.

Klopp mengatakan bahwa dirinya akan “melakukannya secara berbeda” bahkan jika dia memiliki dana seperti itu. Di saat itu, dia juga mengatakan bahwa untuk bersaing di kompetisi tak perlu mengeluarkan jumlah dana yang besar.

Namun berbicara pada konferensi pers yang dikutip dari ESPN, Minggu (22/7/2018), pelatih 51 tahun itu menekankan bahwa langkah-langkah terbaru ini dilakukan untuk memberi kesuksesan bagi Liverpool dalam mengarungi kompetisi di musim 2018/2019.

“Itulah masalahnya akhir-akhir ini. Mungkin semua orang berpikir kalau saya adalah seorang munafik. Terserah dengan apa yang mereka pikirkan. Tidak ada yang akan melupakan perkataan saya di kala itu. Di sisi lain, itu masih agak benar. Saya tidak bisa membayangkan dunia akan berubah seperti itu dua setengah tahun yang lalu. 89 Juta Pounds adalah angka gila,” kata Klopp.

“Sejak saat itu dunia telah berubah total. Saya yakin saat ini kami telah menandatangani kiper paling mahal. Ini adalah awal dari jendela transfer. Akan ada beberapa transfer bagus untuk diikuti. Tanggung jawab saya adalah agar klub ini bisa sesukses mungkin. Bukan saya yang mendorong pikiran saya dan mengatakan kami tidak ingin membeli pemain atau membayar uang besar untuk sejumlah pemain. Liverpool pada akhirnya tidak sukses di akhir musim lalu,” terang mantan pelatih Dortmund tersebut.

“Kami memiliki skuad yang sangat bagus. Untuk meningkatkannya butuh harga yang mahal. Pemain yang lebih baik daripada kami sudah tidak sabar untuk direkrut. Anda harus menghormati kontrak dengan klub anda. Tetapi jika Anda tertarik pada pemain tersebut, Anda harus mencoba dan membawa mereka masuk. Ketika kami yakin tentang hal itu,  terima kasih Tuhan, pemiliki klub percaya bahwa tim ini butuh skuad yang baru, maka mereka mengatakan mari kita rekrut beberapa pemain,” ujar pelatih berpaspor Jerman itu.

“Kami tidak peduli apa yang dipikirkan dunia di sekitar kami, seperti Man United tidak peduli dengan apa yang saya katakan. Itu hanya pendapat pada saat itu. Apakah saya mengubah pendapat saya? Ya. Itu benar. Tetapi lebih baik mengubah pendapat Anda daripada tidak pernah memilikinya. Itu saja,” pungkasnya.